Analisis pasar
- Target pasar. Meliputi persentase lokasi pemasaran dan menargetkan pelanggan
- Persaingan. Meliputi daftar profil pesaing, kondisi persaingan di pasar, variabel-variabel kekuatan dan kelemahan perusahaan dibandingkan dengan pesaing
- Lingkungan. Meliputi faktor-faktor penting yang dapat mempengaruhi barang atau jasa yang dihasilakan,faktor legalitas, serta faktor-faktor kebijakan mengenai lingkungan yang dapat mempengaruhi barang atau jasa yang dihasilkan
Analisis mengenai produk dan jasa
- Definisi : menjelasakan barang dan jasa yang akan diproduksi
- Perbandingan : membandingkan keunggulan dan kelemahan barang dan jasa yang dihasilkan dengan pesaing
- beberapa pertimbangan : misalnya dari mana bahan baku diperoleh
Strategi Pemasaran dan Bauran
Pemasaran
- Kesan atau Image : kesan pelanggan yang kita harapkan mengenai barang dan jasa yang dihasilkan. Apakah kesan tersebut terlihat jelas dan merupakan keunggulan yang menonjol
- Tampilan : memaparkan penampilan yang menunjukkan keunggulan barang atau jasa yang dihasilkan
- Harga : menyebutkan apakah harga merupakan harga tetap, harga yang kompetitif dll
- Pelayanan : mencantumkan jenis pelayanan, jenis pembayaran, pelayanan yang dilakukan pesaing
- Promosi : menyebutkan slogan, menyebutkan berapa persen alokasi yang akan dikeluarkan untuk kegiatan promosi, srta menyebutkan alasan mengapa promosi itu dianggap efektif
- Tahap pemasaran : menyebutkan apa saja yang dibutuhkan pelanggan, siapa yang ditargetkan, siapa yang menjadi ceruk pasar, menyebutkan siapa pesaing, menjelasakan bagaimana mengelola sumber daya yang ada, dan positioning
- Strategi penjualan : menjelaskan tahap penjualan dan serta menekankan keuntungan yang akan diperoleh
Kondisi Persaingan
Dalam berbagai hal, kita ridak akan
terlepas dari yang namanya persaingan. Termasuk dalam dunia bisnis. Di tingkat
pasar, perusahaan bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar. Hal
ini menunjukkan bahwa pengetahuan secara mendetail mengenai karakteristik
pesaing-pesaing kita merupakan kunci untuk mengetahui seberapa tajam persaingan
yang akan terjadi.
Pertanyaan-pertanyaan berikut ini
merupakan pedoman untuk menentukan persaingan :
- Tiga pesaing terdekat secara langsung
- Tiga pesaing terdekat secara tak langsung
- Bagaimana kondisi bisnis para pesaing baik yang langsung maupun tal langsung
- Bagaimana memetik pelajaran dari kegiatan operasional para pesaing
- Faktor-faktor apa saja yang menjadi kekuatan dan kelemahan para pesaing
- Perbedaan barang dan jasa yang dimiliki dengan pesaing
Hendaknya analisis mengenai para
pesaing tersebut dilakukan secara periodik, sehingga kita dapat menentukan
strategi untuk menghadapi persaingan, misalnya dengan mempelajari seberapa
sering pesaing kita melakukan promosi atau pemasangan iklan, di media mana
saja, bagaimana bentuk iklan yang ditampilkan, apa yang ditonjolkan, bagaiman
strategi penjualannya, berapa harga jual barang dan jasa yang ditetapkan,
bagaimana tingkat penjualan dan presepai masyarakat terhadap barang dan jasa
yang dihasilkan pesaing. Dengan melakukan pengamatan tersebut, dapat dipahami
secar mendetail kekuatan dan kelemahan para pesaing dan mengetahui cara mereka
menjalankan bisnis.
Kondisi Harga
Harga yang tepat ditentukan
berdasarkan perencanaan dan strategi yang disusun. Dalam penentuan harga ini,
harus selalu mempertimbangkan harga yang ditetapkan oleh pesaing, dan
perhitungan seluruh biaya yang dikeluarkan ditambah dengan kebijakan profit
margin tertentu yang ingin diperoleh. Perubahan yeng berubah secara
tiba-tiba dapat menyebabkan tingkat persaingan dan margin profit yang akan
diperoleh.
Pedoman kita dalam menyusun strategi
harga adalah bahwa kita harus selalu mengevaluasi strategi harga yang
diterapkan oleh pesaing, dan menentukan strategi apa saja yang digunakan oleh
pesaing, apakah strategi tersebut efektif atau tidak.
Beberapa faktor yang perlu
diperhatikan dalam menerapkan strategi harga adalah :
- Posisi persaingan
- Harga dibuat berdasarkan biaya yang dikeluarkan
- Harga yang diterapkan berada di bawah harga yang diterapkan oleh pesaing
- Harga yang diterapkan berada di atas harga yang diterapkan oleh pesaing
- Harga yang diterapkan bermacam-macam
- Harga diperinci berdasarkan pelayanan yang diberikan, contoh : perbaikan komponen, biaya material, biaya tenaga kerja, biaya overhead dll.
Kondisi promosi dan iklan
Kegiatan promosi perlu direncanakan
dengan sangat baik, dan bentuk-bentuk promosi yang paling efektif perlu dipilih
sebelum digunakan. Dalam perencanaan bisnis kita juga perlu menjelaskan copy
( material dan contoh iklan ) yang menerangkan barang atau jasa yang
dihasilkan. Copy tersebut harus mencakup harga, spesifikasi barang, dan
dimana barang tersebut dapat diperoleh.
Apabila barang atau jasa yang kita
hasilkan berasal dari franchise, biasanya bentuk iklan yang dibuat oleh franchisor
merupakan bentuk standar. Jika kita ingin mengembangkan atau memodifikasi iklan
yang dibuat oleh franchisor tersebut, kita harus memperoleh
persetujuan terlebih dahulu. Dalam hal ini yang paling penting adalah iklan
yang kita buat tersebut sejalan dengan iklan yang dibuat franchisor atau
konsisten dengan image yang ingin diciptakan oleh franchisor. Semakin
kita berhati-hati dalam merencanakan bentuk promosi dan bentuk iklan, kita akan
semakin sukses dalam menawarkan produk kepada konsumen.
Kondisi mamajemen serta strategi
manajemen
Dalam menjelaskan kondisi dan
strategi manajemen ini, kita juga perlu menjelaskan sistem penggajian dan
pemberian bonus, suasana kerja seperti apa yang diharapkan akan tercipta, dan
tingkat kesejahteraan karyawan. Semua faktor tersebut mendororng terciptanya
motivasi dan dedikasi para karyawan di perusahaan yang bersangkutan.
Penjelasan menetail mengenai hal
ini, antara lain :
- Struktur organisasi
- Lampiran daftar riwayat hidup manajer senior ( top management)
- Penjelasan mengenai keahlian dan jumlah karyawan yang diperkerjakan
- Penjelasan mengenai sistem penggajian dan bonus serta tunjanagan lain untuk kesejahteraan karyawan
- Strategi-strategi yang akan dilakukan oleh manajemen untuk mengelola bisnis yang direncanakan serta target yang akan dicapai.
- Penjelasan tentang kelemahan yang dimiliki oleh manajemen dan cara mengatasi kelemahan tersebut
- Penjelasan tentang kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan dan cara menggunakan kekuatan tersebut untuk merebut peluang serta mengatasi ancaman yang ada.
- Alokasi pekerjaan : apakah sudah ditentukan secara tepat atau belum
- Apabila perusahaan memperoleh franchise, bentuk bantuan apa yang diperlukan
- Penjelasan tentang teknik intensif yang kita berikan kepada karyawan untuk meningkatkan produktivitas
Kondisi Keuangan dan Strategi
KeuanganK
Analisis keuangan dan strategi
keuangan sangat penting dalam sebuah perencanaan bisnis, karena keduanya
menggambarkan langkah-langkah yang dilakukan oleh seorang manajemen agar dapat
memperoleh probabilitas yang diharapkan. Dari kedua hal itu terlihat seberapa
jauh manajemen dapat mengelola sumber daya keuangan setiap bulannya. Pada
umumnya, pengelolaan keuangan yang tidak baik menyebabkan bisnis yang
bersangkutan akan berantakan. Seorang pemilik bisnis hendaknya dapat
mengetahui, mengidentifikasi, serta mengimplementasikan seluruh kebijakan yang
telah disepakati agar dapat memenuhi kewajiban terhadap pihak ketiga.
Pengelolaan keuangan perusahaan
secara efektif sangat membutuhkan rencana anggaran yang realistis. Kita dapan
menyusun rencana anggaran tersebut dengan cara menentukan secar aktual jumlah
dan yang dibutuhkan untuk memulai kegiatan bisnis (star-up cost) dan
dana yang diperlukan untuk kegiatan operasional perusahaan (operating cost).
Tahap pertama penyususan rencana keuangan yang baik adalah membuat perhitungan
besarnya dana yang diperlukan untuk melakukan bisnis tersebut. Biaya star-up
merupakan biaya yang harus dikeluarkan, seperti pembelian mesin/peralatan,
pembayaran utilitas, tempat dan sebagainya.
Rencana anggarn biaya untuk star-up
mel;iputi pengeluaran untuk :
- Biaya rekrutment tenaga kerja
- Biaya perizinan
- Biaya sewa tempat
- Biaya peralatan/mesin
- Biaya asuransi
- Biaya perlengkapan
- Biaya iklan dan promosi
- Biaya upah tenaga kerja
- Biaya akuntansi
- Biaya utilitas
- Biaya sistem dan operasional prosedur
Biaya operasional dipersiapkan
apabila kita hendak memulai kegiatan operasional bisnis tersebut. Biaya
operasional mencerminkan prioritas kegiatan yang akan dilakukan, yang berkaitan
dengan bagaimana anggaran akan dikeluarkan sesuai dengan penjadwalan kegiatan
operasional perusahaan. Biaya operasional ini harus mencakup biaya operasional
tiga sampai enam bulan kegiatan operasional perusahaan. Biaya operasional
tersebut meliputi : biaya tenaga kerja, biaya asuransi, sewa, penyusutan, bunga
pinjaman, iklan dan promosi, perlengkapan, pengupahan, utilitas, pajak dan
perawatan
Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun profit,bergabung sekarang juga dengan kami
BalasHapustrading forex fbsasian.com
-----------------
Kelebihan Broker Forex FBS
1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya
Buka akun anda di fbsasian.com
-----------------
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
Tlp : 085364558922
BBM : fbs2009